Wednesday, March 10, 2010

apa sii bedanya PDB, PNB sama PDRB..???

Buat yang anak ekonomi pasti sering banget donk ya liat dan denger kata-kata ini..hhe
nah yang buat yang baru denger,,nuni pengen dikit mengulas disini nh tentang PDB,PNB dan juga PDRB..tar klo ga ngantuk di tambahin lagi dh ama istilah lain yang ada kaitannya juga ma 3 kata ituu...

okehh...mulai dari PDB sama PNB dulu yah..
PDB (produk domestik bruto) merupakan nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam wilayah tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. biasanya sii per taun..
jadi gini nih..untuk sekedar pengetahuan aja kalo pertumbuhan ekonomi itu kan merupakan salah satu indikator buat menentukan atau menilai apakah suatu negara itu pembangunannya berhasil atau ga. dan dalam pelaksanaan pembangunan itu,,klo misalkan pertumbuhan ekonomi nya tinggi maka dapat di katakan bahwa pembangunannya berada dalam kondisi yang baik.nah makanya buat negara-negara berkembang kaya kita nh indonesia,,pasti sasaran utamanya itu gimana caranya biar bikin pertumbuhan ekonomi nya itu menjadi tinggi.trus hubungannya sama PDB apasii..??hmm..jadi,pertumbuhan ekonomi itu erat kaitannya sama peningkatan barang dan jasa yang di produksi oleh  masyarakat. makin banyak yang di produksi maka kemakmuran masyarakat akan semakin dapat ditingkatkan..nahhh..pertumbuhan ekonomi,,salah satunya dapat di ukur dengan besaran yang sering kita dengar itu..yaitunya produk domestik bruto..dan bisa juga lewat produk regional bruto..klo yang PDB itu lingkupnya nasional sementar yang satu lagi ( PDRB ), itu ruang lingkupnya adalah daerah..
lanjut tentang PDB yaaahh...^^
seperti yang udah dijelasin tadi,,PDB itu kan total produkso barang dan jasa kan yah,,nah..untuk PNB (produk nasional bruto) itu sebenernya lingkupnya sama.yaitu sama-sama ngitung secara keseluruhan dalam suatu negara tapii tetep ada sisi lain yang ngebedain donk ya..hhe klo ga ngpain juga namanya mesti di bedain..PDB itu berbeda dari PNB karena,, dalam PDB dimasukkan pendapatan faktor produksi dari luar negeri yang bekerja di negara tersebut. Sehingga PDB hanya menghitung total produksi dari suatu negara tanpa memperhitungkan apakah produksi itu dilakukan dengan memakai faktor produksi dalam negeri atau tidak. Sebaliknya, PNB memperhatikan asal usul faktor produksi yang digunakan.*kesimpulannya,,jadi kedua faktor tersebut beda dari segi asal usul barang dan jasa yang dihitung scara total..gituu lohh... ;p



untuk PDB ini,di bagi lagi jadi dua jenis yaitunya PDB nominal ato yang sering disebut dengan PDB atas dasar harga berlaku dan satu lagi ada PDB riil ato PDB atas dasar harga konstan.untuk pdb nominal ini perhitungannya ga masukin pengaruh daripada harga,sedangkan untuk PDB riil,ngitungnya dengan memasukan pengaruh dr harga atau dengan kata lain PDB riil ini ngelengkapin atau ngoreksi angka yang terdapat pada PDB nominal.

nah trus yang terakhir ada PDRB ato pendapatan domestik regional bruto..
seperti yang udah dijelasin dikit sebelumnya,bahwa PDRB itu sebenarnya tidak jauh beda pengertinya sama PDB..cuma bedanya klo yang PDB kan tadi dikatakan lingkupnya adalah nasional sedangkan PDRB itu lingkupnya adalah daerah atau wilayah dibawah nasional..Pada dasarnya PDB dan PDRB merupakan dasar pengukuran atas nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha yang timbul akibat aktivitas ekonomi.
nahh tau kann,,jadiiii,,,,, dengan diketahuinya peranan dan pertumbuhan sector-sektor ekonomi(kaya sektor industri, pertambangan,perdagangan,pertanian dan lain2..*sebenernya itu ada 9 sektor,tapi ga inget semua,,hhii) yang terdapat pada distribusi persentase sumbangan sector ekonomi tertentu terhadap nilai PDRB total dan lajupertumbuhan ekonomi masing-masing sector, maka dapat direncanakan kearah mana prioritas pembangunan ekonomi tersebut dilaksanakan.
seperti halnya PDB yang terbagi 2,maka untuk PDRB juga dibagi menjadi 2 jenis yaitunya PDRB atas dasar harga berlaku dan juga PDRB atas dasar harga konstan. untuk PDRB atas dasar harga berlaku (ADHB) digunakan untuk melihat pergeseran dan struktur ekonomi. dan juga nunjukin klo pendapatan yang memungkinkan dapat dinikmati oleh penduduk suatu daerah serta menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga pada setiap tahun. nah trus ada lagi nih istilah baru,,yang sering kita denger adanya PDRB dengan di tambahin embel" per kapita nya.pengertiannya,,untuk PDRB per kapita Atas Dasar Harga Berlaku menunjukkan nilai PDRB per kepala atau per satu orang penduduk. selanjutnya,,PDRB Atas Dasar Harga Konstan (ADHK). nah PDRB ADHK ini digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun, untuk menunjukkan laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan atau setiap sector dari tahun ke tahun. Data PDRB ADHK lebih menggambarkan perkembangan produksi riil barang dan jasa yang dihasilkan oleh kegiatan ekonomi daerah tersebut. PDRB per kapita Atas Dasar Harga Konstan berguna untuk mengetahui pertumbuhan nyata ekonomi per kapita. Dengan demikian PDRB secara agregatif menunjukkan kemampuan suatu daerah dalam menghasilkan pendapatan/balas jasa terhadap factor produksi yang ikut berpartisipasi dalam proses produksi di daerah tersebut. 
jadi kesimpulannya perbadaan antara PDRB HB dan HK adalah bahwa klo yang HB itu di pakenya buat ngeliat struktur ekonomi pada wilayah tertentu dan juga buat liat pergeseran ekonomi yang terjadi. sedangakan untuk PDRB HK,, di pakenya untuk ngeliat gimnan pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun dan juga ngeliat gimana laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan ataupun per sektornya dari tahun ke tahun.
naahh begituuu looh ceritaanyaaa...hhhe pengen ngejelasin juga beberapa hal yang mungkin kurang detail di sana tapi kayanya ini aja udah banyak yeuuhh..nuni aja klo disuruh baca lagi pasti eneg..wkwkwkk..gga dink.tulisan sendiri masa eneg..haha
maksudnya biar lebih enak diliat tar dijelasin lagi di post-an selanjutnya,,,didikt2 duluu lahh..hhe...

13 comments:

Willis said...

Hmmm... artikel yang komunikatif. Enak dan ringan dibaca namun dalam ilmunya.

BTW, lain kali dijelasin juga dong gimana cara menghitung Laju Pertumbuhan Ekonomi.

anisa aya handayani said...

makasih mb,,,
artikelnya alhamdulillah bermanfaat benget,,,
dtunggu artikel2 selanjutnya,,,

x_cosaury said...

menarik uieeee,,lebih mengasyikn;;
pke metode upu ney????

Vita Dewiyanti said...

mba ada referensinya gak? buat skripsi saya, trima kasih. =D

WELCOME TO MY BLOG said...

bagaimana jika PNB lebih besar dari PDB .??


tlg dibalas .. :)

WELCOME TO MY BLOG said...

bagaimana jika PNB lebih besar dari pada PDB ??

tlg dibalas :)

endangkusdiana blog said...

Apakah PDB merupakan penjumlahan dari PDRB seluruh PDRB provinsi, atau PDRB Provinsi merupakan akumulasi dari pdrb kab/kota. Kalau begitu PDB juga merupakan penjumlahan/akumulasi dari pdrb seluruh kab/kota di indonesia,

endangkusdiana blog said...

apakah pdb merupakan penjumlahan atau akumulasi dari pdrb provinsi, atau kab/kota

Sukadi Sami said...

Pengetahuan yg bagus tapi saya gaya penulisan dan bahasanya mbulet sehingga susah dimengerti, mestinya distrukturisasi paragraf atau poin 1, 2 dst.

Dody Widodo said...

Nice info...

Anonymous said...

Dewa bat fontnya lul

Adhiva said...

akhirnya paham

Irnawati said...

Terimakasih, sangat bermanfaat dan mudah dimengerti