Thursday, July 29, 2010

Ekspedisi Gunung Gede [10-11 juli 2010]

Dari dulu tuh obsesi banget pengen naik gunung.sebanernya bukan cm naik gunung c,,rafting,snorkling,,mpe skrg jg pengeeen bangett...pokoknya semua petualangan alam deh..dan ahamdulillah salah satunya udah terwujud...sumpah seneng banget pas dapet sms dari Aji, tiba2 ngajak naik gunung. awalnya bingung juga kenapa tiba2 c Aji ngajak padahal kan dy ga tau klo aku emg dari dulu pen naik gunung..ternyata Mail juga ikut...yaa klo Mail mah emg udah tau cz dari dulu selalu minta d ajakin klo dy mw naik gunung..dan yakk,,setelah mendaftar dengan cm bermodalkan fotokopi KTM dan uang pendaftaran ke taman nasional sebesar Rp.7000, akhirnya pada tanggal 10 juli 2010 tepatnya hari sabtu aku,mail,aji,bete,choki,riska,dan adek kelasnya aji c kabel,,qt bertujuh berangkaattt...sebenernya pen berangkat tgl 9 dan berencana naik gunung selama 3 hari 2 malam,tp ternyata d ijinin dr taman nasionalnya cm boleh 2 hari 1 malem...but its ok..yg pnting qt naik gn....yuhuuu...
Awalnya deg2an banget pas mw minta ijin k ortu,,takut klo tiba2 ga di ijinin secara semua udah siap malam itu (malam sabtu). Alhamdulillah akhirnya papah balas sms dengan kata2 yg cukup singkat "ya boleh..tapi jgn lp tar mlm tahajjud dulu yaa"...

Subhanalllah..senangnya dalam hatii.....d sms aku reply "baik pa,,terimakasih,,doakan nuni ya pa.."..tp dalam hati aku reply " terimakasih pa..tp maaf aku lg ga sholat..maaf bangett,,tp pastinya aku akan selalu minta keselamatan dr Allah SWT"
Pagi2 sekitar jam 7an qt berangkat dr kosn (darmaga,bogor) menuju ke Cibodas karna qt naik gunungnya lewat jalur Cibodas. sebenernya ada jalur 1 lagi yaitu jalur gn. putri tp katanya klo jalur itu tuh lebih terjal. mungkin karna diantara qt yg berpengalaman naik gunung cm 3 org (kabel,aji,mail) sedangkan sisanya (aku,riska,coki,bete) bnr2 sbg pemula makanya d ajak lewat jalur cibodas kali ya..meskipun lebih jauh tp setidaknya sedikit lebih landai (tapi sumpah,,buat aku itu bnr2 perjuangan yg cukup dahsyat bisa melewati keterjalan jalur yg aku lewati...ya iyalah pastinya buat aku itu yg paling terjal secara naik gunung jg baru pertama kali). qt menunju ke Cibodas dengan 4 motor..aji sm kabel,,aku sm bete,,coki sm riska dan mail sendiri tp dengan carrier yg gede pastinya..samapi disana masuk dulu k kawasan wisata cibodas dan qt sarapan bubur dl dsana trus berangkat menuju kantor penjaga TNGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango)..disana bawaan qt dperiksa..abis itu mulai deh jalan..
Bismillah,,,mulai taklukkan puncak Gn. gede 2958 dpl dengan suhu 18 derajat celsius pd siang hari dan 5 derajat pada malam harii... Brrrr,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!
nah,,pas awal2 aku sempet bingung juga,,kok ramee amat ya yg naik turun sepanjang awal perjalanan. aku jadi mikir kemanaa aja selama ini,,naik gunung gede aja baru kali ini. aku lgsg mikir klo org2 th udah biasa banget naik  turun gunung ini cz aku sering banget papasan sm org yg mulai dari anak kecil smp yg udah tua banget kayanya udah biasa gt..pasangan muda mudi apalg..waduuhh pdhl awalnya kan aku mikir dikit kali ya yg naik gunung secara aku liat gambar2nya aja kayanya butuh stamina luar biasa gt buat sampe puncaknya...hmm padahal aku kan berharap pendakian ku itu adlh hal yg luar biasa yg artinya ga semua org bisa gt,,lah ini aku ktmu sm bocah SD smp mbah2 yg pk tongkat..hmmm dalam hati .. "gini doank"..
Alhamdulillah ternyata aku salah...haha...knp rame ??yaa karna emg ternyata klo naik gn gede th tiap bbrp ketinggian ttt tuh ada t4 wisatanya...kaya awalnya aj tuh,sktr 45 menit pertama qt udah nemuin telaga biru dmn disana itu ada danau kecil yg  warna airnya tuh biru pengaruh dari adanya ganggang hijau kebiruan,,trus selanjutnya ketemu pertigaan air terjun Cibereum.katanya c disana air terjunnya bkn cm 1 tp ada 3 berjejeran,,sayang sekali ga s4 kesana :(..nah umumnya org2 cm sanggup smpe sini donk..hehe,,*mulai bangga....*
disana qt istirahat bentar dan ngemil dl lah..hoho..sebenernya keseringan makan2nya klo qt mah kata Aji..tiap jln bbrp menit aj udah pd ngos2an trus makan2 dulu...padahal katanya selama dy naik gunung baru kali ini yg istirahat paling sering smbil makan2 pula..wkwk *maklum jii,,pemula...trus selanjutnya (lupa berapa manit/jam setelah itu) qt ketemu ama sumber air panas...beneran panas loh..asepnya aja kmn2..katanya c 75 drjt Celsius...serem juga tau ngelewatin itu cz batu2 nya agak licin jg dan sebelah qt jurang donk..sebelah kanan ky air terjun gt tp panaasss banget,,dan kirinya jurang...ihh serem deh pokoknyaa..oh ya sebelum telaga biru apa sebelum aer panas yh yg ada jembatan kayu yg panjaaaanggg banget...beneraaann panjang loh...ampe pusing th gr2 lama ngeliatin k bawah jejeran kayu djembatan..yaa emg harus ngeliat ke bawah soalnya keadaan jembatannya agak serem juga c..sering nemuin bagian yg kayunya udah pd copot gt...
nah udah gt selanjutnya ketemu ma kandang badak...aku tuh ya mikir klo yg namanya kandang badak th bener2 ada badaknya disana..*sumpah ya lugu benerr dah ahh...pas nympe dsana lgsg cengok smbil ngeliatin banyak tenda yg udah berdiri..loh badaknya mn..??wkwkwk,,,ternyata namanya doank broo...haha (ga s4 nanya jg c knp namanya kandang badak pdhl ga ada badaknya)..ternyata itu th t4 peristirahatan ato perkemahan buat yg pen nginep dl.tp qt ga doonkk...lanjooottt...
nah ini nh yg lebih serem,,,,klo kata mail nama nya tanset (bkn kripset yaa),,tanset itu tanjakan  setan..wuiiihhh edaaannn....tanjakannya subhanallah...dengan bantuan tali qt mulai menaklukkan bebatuan yg amat terjal..dag dig dug duerr...ga kebayang klo kepeleset dan pegangannya lepas,,ohh God..
alhamdulillah selamat sampai atas tanset...pas nympe d atas bnr2 beraaasaaa banget perubahan cuacanya.dari awal juga sbnrnya udah dingin c,,,napas aja ky ngeluarin asep dr mulut saking dinginnya..tp mungkin krna udah mulai sore jg kali ya sekitar jam stgh 5an gt..jadinya th berasa bangettt benerr benerrr dinginn..ya Allah dingin banget...qt istirahat bntar,pd kelaperan jg,,jadinya mkn biskuit dl bntar dgn jari2 yg gemeteran...
perjalanan dilanjutkan...ternyata oh ternyata...setelah itu yg dtemukan adalah tanjakan demi tanjakan yg kaya tiada ujung...seperti biasa ,,tiap nanya k Aji dan Mail.. "masih jauh ga il/ji..??"..jawabannya selalu sa... "udah kok..udah deket..hayuuu semangattt, udah mulai keliatan tuh...."...hmmm padahal mah masiihh jauhh bangett...rasanya wktu itu bnr2 ky ga sanggup lagii...cape + dingiiin yg luarrr biasaa...mau berhenti juga tanggung,,naik terus jugaa sepertinya tubuh udah ga sanggup lagii...udah aja th,,nyemangatin diri sendiri tiap langkah...bntr lg pasti nyampe,,bntr lagii...*gitu weh teruss...
sampai akhinya puncak Gede qt taklukkan...alhamdulillah...
kata Aji gini.."kok ga pd sujud syukur sii...ini udah d puncak loh.."
niatnya emg mw sujud syukur sebenernya tp capek dan dingiinnyaa luaarrr biasaaa....baju bnr2 basah oleh keringet...dan basahnya itu bnr2 dingiiinn...pas nyampe tuh qt udah ga sempet liat sunset..tertutup kabut dan udah  terlalu sore..nympe sktr jm 6 kurang dikit..berarti qt ngabisin waktu 8 jam perjalanan..berangkat jam 10 dan nymp jm 6....kebayang kan gmn capeknya....nympe d atas nak2 cow lgsg diriin tenda..dan akuu yg bener2 ga sabar tenda nya jadii krna pen segera ganti baju yg bnr2 udah basah otomatis menambah dinginnya suhu tubuh,,pas tenda jadi lgsg deh ganti baju..2 tenda.1 buat 4 cow dan 1 lg buat qt 3 cew...untung banget deh c Aji ajak adek kelasnya c kabel yg jg udah biasa naik gunung..disaat qt yg bener2 rasanya udah ga sanggup keluar tenda karna saking dingiinnya dia masih tetep semangat lgsg inisiatif buat masak dan sebelumnya bikin kopi panas (bbrp saat lgsg dingin lg)..subhanallah terimakasih kabel...
setelah makan qt tidur..dan u know..aku ga bisaaa tidurrrr saking dinginnya...baju berlapislapis ditambah sleeping bag, sarung tangan dan kaus kakii,,berasa ga ada artinya..dinginnya tetep menusukk..ternyata inilah rasanya 5 derajat Celsius,,,mana suara anginnya dahsyat banget..kaya bunyi ombak dilaut sangking kencengnya...serem banget sumpah,...aku mah sama sekali ga takut ada binatang ato h*n*u pada saat itu..tp takut klo sampai angin tiu menerbangkan tenda dan juga kami semuaa...beneran loh..kayanya lebay yah...tp emg keadaan yg aku rasain th ky gt...malam th rasanyaa panjaaang banget...
Alhamdulillah pagi menjelang..dan qt dapat menyaksikan sunrise...wuihh indahnya luarrrr biasaaa...subhanallah.....meski angin yg nonstop tp pemandangannya amat sangat indah...selanjutnya abis poto2 qt menuju ke alun2 surya kencana..buat kesana qt mesti turun dulu..perjalanan kira2 1 jam..sampailah disana...padang yang sangat luas dengan hamparan ilalang dan edelweiss...sumpah baru kali itu liat tumbuhan edelweiss secara langsung....indaaaaahhhh bangettt....sayang ga boleh di petik...ga tega juga c mw metik jg....
disana qt masak,,dan tetep kabel yg beperan paling besar....once again..thanks kabel... :))
sumpahh nikmatt bangett berada disanaa....puas bangett potopoto.. ;p
ku akuii aku benerbener jatuh cintaaaa.....jatuh cintaaa untuk petualangan ituu,,,jatuh cintaa untuk edelweisss,,,,jatuh cinta untuk puncak gunuungg...dan jatuh cintaa untukk sahabat2 kuuu....
pengen lagii..pengen lagiii..pengen lagiiii......
sktr jam 1 qt udah kmbali kpuncak dan slese beberes tenda,,truss pulangg.....
huaaahhh puassss....
meskipun nympe dikosan udah setengah 11 malem...dan ternyata seisi rumah panik sangat,,sampe mamah ku nangis krna ga ada kabar dariku....tp y udahlah..ini pelajaran buat aku selanjutnya ttg perijinan dari ortu..hehe..ternyata terjadi sedikit kesalah pahaman dirumah...
dan meskipun selama seminggu body sakit semuaaa...tp aku benar2 ikhlas..hehe
aku bangga bisa kesanaaa....aku bangga bisa menaklukkan kelemahanku....ahh yang aku tahu akuu sangat bahagia bisa mewujudkan salah satu impianku...
sumpah,,,banyak banget hikmah yg aku dapet setelah naik gunung dalam pengalaman pertama inii...
dan yang paling pastii akuu semakin mencintai Allah SWT...
CiptaannNya luarr biasa dahsyat....
aku semakin bersyukur,,bersyukur padaMu ya Rab...
Subhanallah...
Alhamdulillahirrabil'alamiin..

nih sedikit ttg perjalanan yg sempet qt abadikan,,hahaiii... :D


Nasional Park




[ Mail . Bete . Aku . Riska ]
=TNGP=
Nah disini semua bawaan diperiksa dulu,,sebelum mulai naik gunung :)



Jembataan yang panjaaang bangettt...


nah ini telaga biru..udah muali pada basah kaann gr2 keringett...
capeekkk..tp asiikkk... :)



nah ini pertigaan air terjun cibeureum..arah kiri dari gambar itu jalan mau naik k pertigaan..
klo sebelah kanan arah ke air terjun cibeureum nya..
dan ke belakang qt atau arah atas itu arah naik ke gunung gede..



ini sumber air panasss...tuh liat kan uap nya kemana2...
ini poto pas udah turun *ga s4 take pic pas naik,,hehe
fyi,,sebelah kiri aku tebing yg d aliri air panas dan sebelah kanan aku
 jurangnya daliri air dr atas juga..jd kaya air terjun panas gituu...
itu potonya udah mw nympe ujungnya makanya aernya ga tllu keliatan..
gabisa poto pas aernya banyak cz uapnya tllu banyak dan bahaya jg....
*thanks Mail,,udah inisiatif ambil poto,,hehe


ini dia yg namanya tanset alias tanjakan setan ...
tuh curam banget kan....
aslinya sereeem bangetttt....hihiii


[Riska, Kabel, Reuni, Aji, Fachri/bete, Sholeh/coki, Ilman/mail]
we were on the top...yippiiii ^^


we were in alun-alun surya kencana / surken
its so beautiful place... :)


padang ilalang yang sangat luas dselingi edelweiss dengan tiupan angin 
yang tak pernah berhenti sepanjang harii....brrrr


Subhanallah..


sarapan dtengah hamparan ilalang dengan tiupan angin...
nikmattnyaaa,,,alhamdulillah...


went home,,, :(
goodbye surken...goodbye gede mountain...

semoga suatu saat dapat berdiri dsana lagi dan merasakan dinginnya angin yang berhembus...

love the adventure a lot.....

3 comments:

my purple zone said...

rere........ sumpah gw mupengggggg.... pengen bangetttttttttt :'(

nuniiy said...

ayooo daa.....

gw juga masiih pengenn banget naik gunung lagii....

pengeeenn bangett...
abis lebaraann yukkk....
mari wujudkan...
:))

Diyah Ayu Rosalinda said...

Kak mau tanya, kalo mau ke arah padang ilalangnya itu bisa pake kendaraan ga? Hehe makasih :D